Contoh Kalimat Pembuka Presentasi Ujian Sidang Skripsi

Presentasi ujian sidang skripsi adalah presentasi yang harus kita siapkan dengan penuh semangat yang berkobar-kobar melalui kepercayaan diri yang super mampus. Sebab, dapat dikatakan bahwa, presentasi kali ini adalah presentasi kita yang terakhir di dunia perkuliahan jenjang S1 ini. Oleh karena itu, kesempatan kali ini adalah kesempatan yang harus kita nikmati, kita syukuri, kita persiapkan, kemudian kita hajar dengan seluruh kemampuan yang kita miliki, agar mendapatkan hasil yang terbaik.


Nah, berbicara mengenai hasil, hasil adalah tujuan yang tidak perlu kita pusingkan, ada yang lebih penting dari nilai hasil yang akan keluar nantinya, yaitu kuatnya perjuangan proses saat belajar dalam menyiapkan, jembatan terakhir yang harus kita tempuh ini.

Untuk itu, disini jeffririanhermawan.com akan menyiapkan sebuah contoh agar anda tidak blepotan dalam penyampaian pembuka presentasi ujian sidang skripsi nantinya, yaitu sebagaimana judul di atas. Kali ini saya akan berbagi mengenai Contoh Kalimat Pembuka Presentasi Ujian Sidang Skripsi.

Teknik Pertama

Bagian 1:

Assalamualaikum wr.wb

Bagian 2: 

Bismillahirrahmanirrahim

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kita kesehatan serta kenikmatan, hingga kita dapat berkumpul di istana ilmu yang indah ini.

Salawat serta salam, kita haturkan keharibaan junjungan nabi besar Muhammad saw., yang telah membawa kita dari zaman kegelapan hingga zaman terang benderang, yang diterangi oleh iman, islam, dan ihsan.

Bagian 3:

Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengucapkan terimakasih kepada dewan penguji, yang bertindak sebagai:
Penguji 1. Ibu Erni Susilawati M.Ag
Penguji 2. Ibu Noor Indah Wulandari M.Pd
Dan Penguji 3. Ibu Isna Kasmilawati M.Pd

Terimakasih telah bersedia meluangkan waktu sebagai penguji pada presentasi saya, karena hari ini tanggal 18 Juli 2019 akan dilaksanakan ujian skripsi dan perkenalkan nama saya Jeffri Rian Hermawan dengan judul presentasi “Semiotika dalam Kumpulan Puisi Tirai Hujan 1500 Haiku Indonesia Karya Arsyad Indradi”.

Baiklah langsung saja, pembahasan yang pertama adalah...

Teknik Kedua


Apabila menurut anda pembukaan di atas dirasa masih kurang, anda bisa tambahkan bagian ini pada bagian 2 di atas, setelah mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim.

Bismillahirrahmanirrahim,

Alhamdulillah,

Alhamdulillahirabbil'alamin, wabihi nastainnuala umu riddun'ya waddin.

Sayyidina, wamaulana muhammadin, waala alihi wassohbihi ajmain.

Robbi sohli sodri, wayassirli amri, wahlul ukhdatam billisani, yafkohu kouli, amma ba'.

Teknik Ketiga


Jika menurut anda masih kurang memukau, anda bisa tambah kalimat pembuka presentasi, dengan daftar isi setelah bagian 3, seperti ini:

Kemudian pada kali ini, ada empat hal yang akan saya sampaikan:

Pertama, tentang alasan pemilihan judul yang mencakup, Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian.

Kedua, Tinjauan Pustaka yang mencakup, Pembahasan Teori mengenai Semiotik, Puisi, dan Haiku.

Ketiga, Metode Penelitian yang mencakup, Pendekatan dan Jenis Penelitian, Metode Penelitian, Sumber Data, Teknik Pengumpulan Data dan Teknik Analisis Data.

Keempat, yang akan saya sampaikan pada presentasi kali ini adalah tentang hasil penelitian yang akan memaparkan hasil analisis selama melakukan penelitian.

Baiklah langsung saja, pembahasan yang pertama adalah...

Tambahan


/1/

Ketika telah selesai presentasi, lalu selanjutnya adalah sesi tanya jawab.

Ketika dosen bertanya, saran saya, jangan langsung menjawab, namun ucapkanlah terimakasih terlebih dahulu, karena dengan mengucapkan terimakasih terlebih dahulu, maka reflek kepekaan kita dikeadaan itu akan menunjukkan kedewasaan kita, contohnya:

Terimakasih bu, atas pertanyaannya, jadi...

/2/

Pada contoh kalimat pembuka bagian 3 di atas, adalah ucapan terimakasih kepada dewan penguji.

Nah, perlu ditegaskan, dalam seminar public speaking yang pernah saya ikuti.

Jika kita mengucapkan nama seseorang secara lengkap, akan mendefenisikan sikap kita, bahwa kita menaruh perhatian yang lebih kepada seseorang tersebut dan akan menjadi nilai tambah kita dalam berbicara, nah disini termasuk dewan penguji.

Jadi, 🚫 hindari mengucapkan sebagian nama dosen penguji, saat pembuka presentasi anda, seperti di bawah ini.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengucapkan terimakasih kepada dewan penguji, yang bertindak sebagai:
Penguji 1. Ibu Erni
Penguji 2. Ibu Indah
Dan Penguji 3. Ibu Isna
Pertanyaan yang sering muncul dari teman-teman semua adalah bagaimana jika saya tidak hafal?

Saya beri jalan tengah, pakailah catatan, karena memakai catatan saat presentasi sah-sah saja dan tidak masalah.

Kemudian silakan anda pilih bagian-bagian contoh di atas sesuai dengan selera anda.

Baca Juga: Contoh Pesan Menghubungi Dosen yang Baik dan Benar

Simpulan


Bagaimana cukup mudah bukan, Contoh Kalimat Pembuka Presentasi Ujian Sidang Skripsi.

Mudah jika anda, melawan ketakutan anda berkali-kali lipat dengan penuh kepercayaan diri.

Memang, rasa yang melekat pada kebanyakan mahasiswa saat menghadapi ujian sidang skripsi adalah ketakutan dan kegugupan. Ketakutan berbicara di depan dosen, ketakutan tidak bisa menjawab pertanyaan, semua ketakutan itu akan terus menggeluti perasaan anda, dan akan terus setiap hari memporakporandakan hidup anda, apabila anda tidak bekerja keras dengan giat, tidak memiliki komitmen untuk melakukan yang terbaik.

Dosen adalah manusia juga, sengeri apapun dosen yang akan menguji kita, hadapi lah mereka dengan senyuman, beranilah, percayalah anda bisa membuat dosen yang mengerikan itu menjadi terpukau dengan presentasi anda.

Sebab tersadar, di hari lalu yang jam segini juga, beliau pernah berada pada psikis seperti yang kita rasakan sekarang. Jadi, berikanlah yang terbaik pada kesempatan berharga kali ini.

Terakhir.

Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman kamu, agar mereka juga tahu apa yang kamu tahu.

Selamat berlatih. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel