Teks Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Pendidikan merupakan hal yang penting untuk disampaikan kepada banyak orang. Hal itu karena pendidikan dapat membantu kemajuan bangsa, contohnya pembangunan sosial dan pertumbuhan ekonomi bangsa.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kita akan menyiapkan contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pendidikan yang dapat memberikan pengetahuan dan pencerahan kepada banyak orang karena teks pidato ini, memiliki ketajaman makna yang menginspirasi.

Namun sebelumnya, penting untuk diketahui bahwa untuk bagaimana ketajaman makna isi teks pidato ini tersampaikan kepada pendengar atau penonton tentunya itu semua tergantung pembicara itu sendiri, bagaimana intonasi saat berpidato, penekanan-penekanan terhadap kata yang perlu ditekankan, itu harus ada, karena akan menjadi nilai + anda saat berpidato, pun ekspresi muka atau air muka, gerakan tangan, bahasa tubuh, yang anda gunakan juga menunjukkan kemampuan anda dalam berpidato, dan menentukan keberhasilan anda dalam menyampaikan sebuah pesan dalam berpidato.

Itulah hal yang harus anda latih terus-menerus, jika ingin tampil memukau saat berpidato apalagi untuk anda yang sekarang ingin mengikuti lomba berpidato. Anda harus mempersiapkan. Anda harus berlatih. Siapa yang siap dia yang menang. Percayalah!!!

Inilah contoh teks pidato tentang pendidikan yang singkat namun memiliki ketajaman makna yang berkesan.



Assalamualaikum wr.wb

Bismillahirrahmanirrahim,
alhamdulillah,
Alhamdulillahirabbil'alamin, wabihi nastainnuala umu riddun'ya waddin.
Sayyidina, wamaulana muhammadin, waala alihi wassohbihi ajmain.
Robbi sohli sodri, wayassirli amri, wahlul ukhdatam billisani, yafkohu kouli, amma ba'
.

Segala puji bagi Allah, yang telah menciptakan, panasnya gurun sahara, dinginnya kutub utara, buasnya harimau sumatera dan yang telah memberikan kita kesehatan serta kenikmatan, hingga kita dapat berkumpul, di istana ilmu yang indah ini.

Salawat serta salam, kita haturkan keharibaan junjungan Nabi besar Muhammad saw, yang telah membawa kita, dari zaman onta, hingga zaman toyota, dari zaman toyota hingga zaman garuda Indonesia, dari zaman garuda Indonesia hingga zaman robot bisa bekerja, dan dari zaman kegelapan, hingga zaman terang benderang yang diterangi oleh iman, islam, dan ihsan.

Terimakasih, kepada pembawa acara, yang telah memanggil nama saya dengan lantangnya, untuk berbicara di depan kalian semua yang akan saya beri judul:

Pendidikan yang Mengispirasi

Kita adalah mahasiswa yang dipersiapkan sebagai tenaga pendidik, tentunya kita semua ingin mempertajam pendidikan kita agar selalu menjadi lebih baik lagi.

Hadirin yang Berbahagia

Kiranya, kita semua memahami bahwa pendidikan itu adalah salah satu pilar penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan memiliki peran yang sangat strategis dalam perkembangan suatu bangsa. Oleh karena itu, pemerintah sebagai pemegang kebijakan pendidikan nasional harus mampu menjamin terselenggaranya sistem pendidikan yang merata disemua daerah tanpa terkecuali.

Apalagi, konstitusi kita, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia dalam Pasal 31 ayat 1 sampai 5 dengan jelas mengamanatkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Pemerintah wajib membiayai warga negara tersebut untuk mengikuti pendidikan dasar. Negara diperintahkan untuk memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari nilai APBN dan APBD untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional. Untuk ini semua, kita patutlah memberikan apresiasi pada pemerintah karena telah melaksanakan tugas tersebut dengan baik.

Namun, yang menjadi kendala utama dalam penyelenggaraan pendidikan adalah kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan. Masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa pendidikan itu tidaklah terlalu penting. Pendidikan hanya buang-buang waktu saja, lebih baik bekerja, bisa menghasilkan uang dan membantu ekonomi keluarga. Akibatnya, banyak anak-anak yang seharusnya berada disekolah untuk menimba ilmu, ditemukan ditempat-tempat pekerjaan kasar bergabung bersama orang-orang dewasa. Kondisi ini banyak terjadi pada mereka yang hidup digaris kemiskinan.

Hadirin yang berbahagia


Problem ini sebenarnya dapat diatasi dengan memberikan kesadaran tentang arti pentingnya pendidikan untuk masa depan. Dengan proses apa untuk meyakinkan masyarakat tentang arti pentingnya pendidikan? Salah satunya dengan proses pemberian cerita-cerita sukses yang dapat menginspirasi mereka untuk terus bersekolah.   Kita harus bisa meyakinkan mereka bahwa pendidikan merupakan jalan yang tepat dan ini merupakan langkah kita, tanggung jawab kita  karena kita ada calon pendidik Bangsa ini. Kita harus bahu membahu menyongsong cita-cita negara ini, yaitu untuk mewujudkan anak bangsa yang cerdas. Jangan katakan tugas ini sulit, tahun 2020 kita akan membebaskan anak-anak bangsa dari belenggu kebodohan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel