CARA, SYARAT, BIAYA MEMPERPANJANG SKCK TERBARU

CARA, SYARAT, DAN BIAYA

MEMPERPANJANG SKCK TERBARU


Tulisan yang berjudul Cara, Syarat, dan Biaya, Memperpanjang SKCK Terbaru ini adalah lanjutan dari tulisan saya sebelumnya yaitu Cara Membuat SKCK Terbaru.

Baiklah langsung saja, saya akan melanjutkan tugas dan tanggung jawab saya sebagai admin blogger jeffririanhermawan.com dalam Media Berbagi Informasi.

Kepentingan dari tulisan ini adalah untuk mengedukasikan kepada teman-teman semua, jika masa berlaku SKCK yang anda buat telah habis, atau sudah lewat 6 bulan, maka jika anda masih memerlukan SKCK, langkah yang harus anda ambil adalah memperpanjang SKCK,

Tidak perlu membuatnya dari awal lagi.

Oleh karena itu, pada kali ini saya akan menguraikan secara terperinci Cara, Syarat, dan Biaya Memperpanjang SKCK Terbaru.

Caranya sederhana dan tidak bertele-tele, anda tinggal datang ke Polres tempat anda membuat SKCK sebelumnya, kemudian masuk lagi ke ruangan pembuatan SKCK, namun sebelum ngegas menuju Polres, kumpulkan dulu persyaratan di bawah ini, agar anda tidak bolak balik hanya sekedar mengurus SKCK.

Persyaratan



Gambar di atas merupakan persyaratan Memperpanjang SKCK. Gambar di atas, saya ambil di Polres Banjarbaru ketika saya hendak memperpanjang SKCK untuk memenuhi syarat melamar pekerjaan pada waktu itu.

Silakan anda pahami dulu dengan penuh konsentrasi, poin-poin persyaratannya.

Jika sudah, saya akan uraikan secara terperinci per poin dari persyaratan pada gambar di atas. Barangkali, anda kebingungan pada salah satu poinnya.

Berikut penjelasan persyaratan pada gambar di atas.

1. Melampirkan SKCK Asli atau Fotocopy


Pada persyaratan pertama ini, anda harus persiapkan SKCK sebelumnya, yang asli atau fotocopy. Apabila persyaratan pertama ini hilang, maka pupus sudah harapan anda untuk Memperpanjang SKCK. Jadi, anda harus buat yang baru. Sudah saya jelaskan disini: Cara Membuat SKCK Terbaru.

2. Fotocopy KTP 1 Lembar


Poin sederhana ini, pasti tidak ada kebingungan bagi anda. Ya, siapkan fotocopy KTP 1 Lembar.

3. Fotocopy Kartu Keluarga


Sama fotocopy Kartu Keluarga 1 Lembar.

4. Fotocopy Akte Lahir


 Juga fotocopy Akte Kelahiran anda 1 Lembar.

5. Pas Foto


Pas foto disini diharuskan berlatar belakang warna merah ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar. Jika anda tidak mempunyai file foto berlatar belakang warna merah. Jangan kawatir dan jangan pusing apalagi bingung, anda datang aja langsung ke toko cetak fotonya, bilang sama pegawai tokonya sembari memberikan file foto yang akan dicetak:

"Mas, tolong editkan dulu latar belakangnya warna merah, kemudian baru cetak ukuran 4x6, 4 lembar".

6. Mengisi Formulir


Pada bagian ini, anda harus mengisi formulir, ketika sudah selesai mengumpulkan seluruh persyaratannya sama petugasnya di ruang pembuatan SKCK tersebut.

Penting untuk diingatkan, bahwa pada bagian ini anda harus siap Handphone+Ada Kuotanya, karena mengisi formulirnya di aplikasi yang telah disiapkan masing-masing Polres. Itulah alasan mengapa kebutuhan Handphone+Kuota sangat penting pada bagian ini. Sebab zaman sudah tidak seperti tahun-tahun dahulu lagi, yang mengisi lewat kertas, sekarang online.

😀 : Jika saya tidak memiliki kouta bagaimana?

😊 : Bisa saja, asal Free Wifi yang disediakan di ruangan pembuatan SKCK tersebut berguna dan lancar.

😀 : Kalau Wifi yang disediakan tidak berguna dan saya tidak ada kuota?

😊 : Anda tetap bisa mengisi formulir, namun dengan tulis tangan.

7. MAP Warna Merah


Sebelum tiba di Polres, siapkan dulu MAP Warna Merah. MAP ini digunakan untuk membungkus seluruh persyaratan yang telah disebutkan di atas. 

8. Biaya



Terakhir, anda harus membayar biaya administrasi sebesar Rp. 30.000 (tiga puluh ribu). Berdasarkan peraturan pemerintah no 60 tahun 2016 mengenai PNBP (Badan Penerima Bukan Pajak) di lingkungan Polri.

Kesimpulan

Bagaimana cukup mudah dan jelas bukan, Cara, Syarat, dan Biaya Memperpanjang SKCK Terbaru ini.

Jika anda memperpanjang SKCK untuk memenuhi syarat melamar pekerjaan atau pendaftaran rekrutmen CPNS. Saya doakan semoga lekas-lekas Allah mendatangkan pekerjaan yang anda inginkan.

Semangatlah, bekerja keras, dan terus berdoa dengan giat agar pekerjaan itu cepat datang.

Baik cukup sampai disini dulu, tulisan saya perihal ini. Semoga bermanfaat. Terimakasih 😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel