Cara Membuat SKCK Terbaru

Cara, Syarat, dan Biaya

Membuat SKCK Terbaru


SKCK adalah kepanjangan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Biasanya diperlukan sebagai salah satu persyaratan melamar pekerjaan, atau persyaratan untuk mengikuti pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan lain sebagainya.

Apa kepentingannya?

Kepentingan SKCK disini adalah untuk menerangkan ada atau tidak, rekaman catatan seseorang yang bersangkutan dalam ruang kriminalitas atau kejahatan.

Dengan demikian, bagi anda yang ingin membuat SKCK dengan keperluan untuk memenuhi syarat melamar pekerjaan dan sebagainya. Maka tepat sekali anda berada di blog jeffririanhermawan.com karena saya akan menguraikan secara terperinci Cara Membuat SKCK Terbaru.

Baiklah, langsung saja, saya akan menguraikan jalan gesit Cara Membuat SKCK Terbaru sebagai berikut:

A. Perhatikan Gambar Di Bawah Ini

Gambar ini diambil langsung di Polres Banjarbaru, saat saya sedang membuat SKCK. Sudah jelas gambar di bawah ini adalah syarat Pembuatan SKCK Baru. Baca satu-satu, poin-poin yang harus anda siapkan, sebelum meluncur ke Polres terdekat untuk membuat SKCK. Tentunya Polres yang anda tuju harus sesuai KTP ya sob :)

Perlu saya tegaskan disini, persyaratan ini berdasarkan riset lapangan terbaru yang dijamin keabsahannya.


B. PENJELASAN GAMBAR DI ATAS

Saya mulai dari sebuah pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh teman-teman saya yang nihil pengetahuan apalagi pengalaman mengenai Cara Membuat SKCK ini.

Apa langkah pertama yang harus dilakukan saat pertamakali membuat SKCK?

1. Ketahui Terlebih Dahulu Tempat Membuat SKCK


Dimana saya bisa mengetahuinya?

Jawabannya dapat saya ilustrasikan seperi ini, agar mudah dipaham:

Misalkan data KTP anda berada di daerah Banjarbaru, jadi buat SKCK nya di Polres Banjarbaru.

Kenapa harus di Polres? bukan di Polsek atau di Polda?

Karena Polres lah yang memiliki wewenang untuk mengeluarkan SKCK dalam ruang keperluan untuk persyaratan mendaftar pekerjaan BUMN non PNS, atau persyaratan keperluan pendaftaran rekrutmen CPNS, juga persyaratan mendaftar calon kepala desa atau kepala daerah, bahkan bupati dan DPRD hingga persyaratan dokumen keterangan untuk menikah dengan anggota TNI atau Polri.

Nah, ruang itu semua, dipegang sepenuhnya oleh Polres.

Lebih terperinci lagi: Saya tidak mengetahui, dimana Polres di kota saya?

Gunakan Google Maps, ketik aja di Google Maps, Polres di kota anda, nanti akan keluar rute dari tempat anda berada hingga ke tempat tujuan, yaitu Polres di kota anda.

Atau bertanya dengan teman-teman anda.

2. Persiapkan Seluruh Persyaratan Poin-Poin Di Atas


Setelah mengetahui tempat membuat SKCK di kota anda, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan seluruh persyaratan yang telah diuraikan pada gambar bagian A di atas. Hal ini bertujuan agar anda tidak bolak-balik hanya sekedar mengurus SKCK.

Jadi, poin gesitnya adalah sebagai berikut.

a. Persiapan 1

Sebelum berangkat, di rumah siapkan terlebih dahulu:
  1. KTP yang berlaku,
  2. KK (Kartu Keluarga),
  3. Akte Kelahiran,
  4. File Foto Anda,
  5. Dan tambahan Handphone+Kuota Internet (Handphone+Kuota Internet) akan saya jelaskan pentingnya di penjelasan bagian mengisi formulir.

 

b. Berangkat Ke Toko Fotocopy Terdekat

Pastikan persyaratan di atas tidak ada yang tertinggal. Kemudian, langsung bilang ke pegawai fotocopy nya.

"Mas, tolong fotocopy kan KTP saya 2 lembar, Kartu Keluarga (KK) 1 lembar, Akte Kelahiran saya ini 1 lembar." Sembari menyuguhkan ke pegawainya.

"Sama Beli MAP WARNA MERAH mas satu"

Jika sudah selesai di toko fotocopy.

c. Pergi Ke Tempat Cetak Foto Terdekat

Langsung bilang ke pegawai cetak fotonya.

"Mas, tolong cetakkan foto saya ini ukuran 4x6 latar belakang warna merah 6 Lembar".

Kalau file foto yang anda siapkan tidak latar merah, minta editkan sama pegawai cetak fotonya, bilang aja.

"Tolong editkan latarnya warna merah ya mas".

Kemudian jika sudah cetak foto, saatnya anda menuju Polres di kota anda.

d. Pergi Ke Polres

Langsung gas, terus masuk gerbang Polres, parkir motor di tempatnya, jika tidak tahu ruangan membuat SKCK tanya sama polisi yang berkeliaran di situ.

Setelah mengetahui ruangannya, sebelum masuk ruangan, kumpulkan seluruh persyaratan yang telah di jalankan tadi, dalam MAP WARNA MERAH, jika sudah, kemudian masuk, dan bilang sama petugasnya.

"Mau buat SKCK, ini syaratnya" sembari menyuguhkan MAP WARNA MERAH yang berisi persyaratan lengkap yang telah dikumpulkan tadi.

Kemudian petugasnya akan mengecek kelengkapan syarat, jika syarat di atas telah di penuhi semua, maka proses pengecekan berhasil.

e. Mengisi Formulir


Pada bagian ini, anda akan diminta oleh petugas untuk mengisi formulir.

Nah, pada bagian ini maksud saya, anda harus bawa Handphone+Ada Kuota Internetnya sebab mengisinya lewat aplikasi, tidak seperti dulu, nulis di kertas formulir, zaman sudah berubah dan berkembang. Aplikasinya sesuai yang disediakan Polres setempat. Kemudian isi formulir sesuai biodata anda.

Pada bagian ini, perlu ditegaskan HANDPHONE anda harus ada KOUTA INTERNET. Sebab seperti yang telah saya katakan tadi mengisinya lewat aplikasi, nah untuk masuk ke dalam aplikasi perlu Internet. Percuma anda bawa Handphone namun tidak ada Kouta Internetnya.

Memang ada, Free Wifi yang disediakan khusus untuk ruang pembuatan SKCK tersebut. Namun, biasanya tidak berguna.

Bagaimana jika anda tidak ada HANDPHONE dan KOUTA INTERNET?

Jangan kawatir, anda tetap bisa mengisi formulir kok, namun dengan tulis tangan. Kemudian jika sudah mengisi formulir, selanjutnya adalah melakukan perekaman sidik jari.

f. Sidik Jari


 
Selanjutnya, anda akan di arahkan oleh polisi untuk melakukan perekaman sidik jari anda, pada bagian ini waktunya kurang dari satu menit. Sebentar saja.

g. Biaya Pembuatan SKCK



Berbicara mengenai biaya, anda harus membayar biaya administrasi sebesar Rp. 30.000 (tiga puluh ribu). Berdasarkan peraturan pemerintah no 60 tahun 2016 tentang PNBP (Badan Penerima Bukan Pajak) di lingkungan Polri.

Selanjutnya, saatnya pembuatan SKCK anda, pada bagian ini anda hanya menunggu kurang lebih 5 Menit saja.


Kesimpulan

Bagaimana cukup mudah bukan? kemudian yang perlu anda lakukan berikutnya adalah berjuang menyebar lamaran pekerjaan di dunia ini, untuk mendapatkan uang, agar anda bisa hidup.
 
Namun, perlu untuk diketahui bahwa pembuatan SKCK ini hanya berlaku selama 6 bulan saja. Jika sudah lewat 6 bulan, maka SKCK tidak akan berlaku lagi. Jika SKCK anda tidak berlaku lagi atau sudah lewat 6 bulan. Anda tidak perlu membuatnya dari awal lagi, yang perlu anda lakukan hanya memperpanjang SKCK.


Saya kira cukup jelas sudah, saya memaparkan Cara Membuat SKCK Terbaru. 

Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel